Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh antara profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan umur perusahaan sebagai variabel independen, dan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanasi dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini mengambil 29 (dua puluh sembilan) sampel perusahaan manufaktur sub sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2018. Model persamaan regresi linear berganda dalam penelitian ini adalah Ŷ = - 1.726 – 1.028X1+ 0.178X2 – 0.038X3 + 0.001X4. Model regresi tersebut memenuhi uji asumsi klasik (uji mormalitas, uji multikolinearitas, uji heterosksedastis dan uji autokorelasi). Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung> Ftabel (31,378 > 2,44) dengan tingkat signifikansi 0,000< 0,05 (sangat signifikan). Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa secara simultan profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan umur perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Selanjutnya, hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi profitabilitas 0,001 < 0,05 (signifikan) dengan –thitung < -ttabel sebesar -3.472 < -1.977, ukuran perusahaan 0,000 < 0,05 (signifikan) dengan thitung > ttabel sebesar 10.382 > 1.977, tingkat leverage 0,001< 0,05 (signifikan) dengan -thitung < -ttabel sebesar -3.308 < - 1.977, dan umur perusahaan 0,559 < 0,05 dengan thitung < ttabel sebesar 0.585 < 1.977. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa secara parsial hanya variabel umur perusahaan yang tidak memiliki pengaruh terhadap luas pengungkapan corporate social responsibility, sedangan variabel lainnya memiliki pengaruh terhadap luas pengungkapan corporate social responsibility. Kemudian hasil uji koefisien determiniasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0.309 yang artinya bahwa sebesar 30,9% pengungkapan corporate social responsibility dapat dijelaskan oleh variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan umur perusahaan. Sedangkan sisanya, sebesar 69,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini, yaitu kepemilikan institusional, rasio profitabilitas selain ROA, dan rasio likuiditas. Disarankan kepada seluruh perusahaan untuk mulai menghilangkan paradigma yang menganggap bahwa dengan kondisi keuangan yang baik tidak perlu adanya pengungkapan tanggung jawab sosial. Karena pada dasarnya antara tingkat profitabilitas dan corporate social responsibility memiliki keterikatan yang saling berhubungan dalam meningkatkan citra perusahaan di mata stakeholder dan publik.