Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara debt to equity ratio dan net profit margin terhadap harga saham. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah debt to equity ratio dan net profit margin sebagai variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terkait. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 data perusahaan yang terdiri dari 11 (sebelas) perusahaan barang konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia selama periode 2013 sampai dengan 2016 dengan menggunakan metode judgement sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan www.sahamok.com. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji pengaruh debt to equity ratio dan net profit margin terhadap harga saham yaitu dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji t dan uji F. Hasil penelitian dengan menggunakan software SPSS versi 20.0 dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa: 1) debt to equity ratio secara parsial mempunyai pengaruh negatif terhadap harga saham dengan signifikasi terhadap harga saham yang lebih besar dari 0,05 (0.851 > 0.05) dengan nilai thitung (-0.189 < 2,01954). 2) net profit margin secara parsial mempunyai pengaruh positif terhadap harga saham dengan signifikansi terhadap harga saham yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan nilai thitung (4.688 > 2.01954). 3) debt to equity ratio dan net profit margin secara simultan memilki pengaruh positif terhadap harga saham dengan signifikansi terhadap harga saham yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan nilai Fhitung > Ftabel (10.986 > 3.23). Besarrnya nilai Adjusted R Square sebesar 0.317 yang dimana berarti variabel debt to equity ratio dan net profit margin dapat menjelaskan 31.7% harga saham, sedangkan sisanya 68.3% dijelaskan dengan variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini, seperti earning per share. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan peneliti selanjutnya hendaknya mempertimbangkan beberapa variabel lain yang mungkin mempengaruhi peningkatan harga saham pada perusahaan perusahaan go public agar memberikan pemahaman yang semakin lengkap mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan harga saham.