Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Biaya Administrasi & Umum terhadap Net Profit Margin pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Dalam penelitian ini, menggunakan metode korelasional, dimana variabel yang diteliti adalah biaya produksi, biaya promosi, dan biaya administrasi & umum sebagai variabel independen dan net profit margin sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang memplublikasikan laporan keuangannya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 15 perusahaan, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen. Teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan analisis koefisiensi korelasi. Berdasarkan hasil analisis akuntansi, bahwa biaya produksi, biaya promosi, dan biaya administrasi & umum secara bersama-sama memiliki hubungan terhadap net profit margin baik parsial maupun simultan. Adapun rata masing-masing variabel sebagai berikut 76,66%, 80%, 78,33%, dan 65%. Pengolahan data menggunakan SPSS 22.0 dan diperoleh persamaan regresi linear berganda Ŷ = 0.827 + 0.609 X1 – 0.181 X2 - 0.450 X3. Uji asumsi klasik yang digunakan meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokolerasi. Analisis koefisien korelasi diperoleh sebesar 50,4%, menunjukkan bahwa anatara variabel independen dengan variabel dependen adalah sedang. Analisis koefisien determinasi dengan menggunakan Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel biaya produksi, biaya promosi, dan biaya administrasi & umum dapat dijelaskan 22,2%, variasi variabel net profit margin, sedangkan sisanya 77,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Seperti biaya distribusi, volume penjualan, biaya operasional, struktur modal, pertumbuhan perusahaan, biaya kualitas. Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh biaya produksi terhadap net profit margin adalah signifikan, dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, pengujian secara persial antara variabel biaya promosi terhadap net profit margin adalah signifikan, dengan signifikansi sebesar 0,009 < 0,05. Dan pengujian secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh biaya administrasi & umum terhadap net profit margin adalah signifikan, dengan signifikansi sebesar 0,006 < 0,05. Sedangkan berdasarkan pengujian hipotesis secara simultan menujukkan bahwa berpengaruh signifikan, dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain selain yang diteliti dalam penelitian ini, menambah tahun pengamatan dan menggunakan sampel dengan jenis perusahaan yang berbeda.