Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan elektronik surat pemberitahuan (E-SPT), tingkat pemahaman perpajakan, dan kesadaran terhadap kepatuhan wajib pajak pada PT Kawan Lama Sejahtera Tahun 2018. Variabel dalam penelitian ini adalah penerapan elektronik surat pemberitahuan e-SPT (X1), tingkat pemahaman perpajakan (X2), kesadaran (X3), dan kepatuhan wajib pajak (Y). Populasi dan sampel penelitian ini adalah wajib pajak yang merupakan karyawan di PT Kawan Lama Sejahtera dengan jumlah sebanyak 83 responden. Data diolah dengan menggunakan analisis akuntansi, analisis deskriptif, uji kualitas data, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji autokorelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menggunakan software SPSS Versi 25.0 dengan persamaan regresi linier berganda Ŷ = 2,572 + 0,093X1 + 0,825X2 + 0,298X3 + e. Hasil uji hipotesis (t) variabel penerapan e-SPT tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,384 > 0,05. Variabel tingkat pemahaman wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, serta variabel kesadaran berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan tingkat signifikan sebesar 0,039 < 0,05. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan bahwa penerapan e-SPT, tingkat pemahaman wajib pajak , dan kesadaran secara simultan (F) berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan determinasi (R2) total R Square menunjukan bahwa ada pengaruh antara penerapan e-SPT, tingkat pemahaman wajib pajak , dan kesadaran terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 69% dan sisanya sebesar 31%. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengganti variabel bebas yang dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak seperti pengetahuan perpajakan, persepsi wajib pajak, pemeriksaan pajak, tarif pajak yang berlaku, kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, tingkat sosialisasi, dan factor lainnya di luar pembahasan ini agar memberikan pengaruh yang signifikan dan dapat memperluas objek penelitian pada Top 10 Perusahaan Go-Public di Indonesia agar penelitian menjadi lebih komprehensif.