Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhsosialisasi,tingkatpendidikan
pemilikdanpersepsiterhadappemahamanUMKMatasSAKEMKM.
Dalampenelitianinidigunakanmetodesurvei.Variabelyangditelitiadalah
sosialisasi,tingkatpendidikanpemilik,danpersepsisebagaivariabelindependen
danpemahamanUMKMatasSAKEMKMsebagaivariabeldependen.Populasi
dalampenelitianiniadalahpedagangPasarCipulirJakartaSelatantahun2018.
Teknik sampling yangdigunakanadalahteknik judgmentsampling. Sampel
terpilihsebanyak100responden.Pengumpulandatayangdigunakandalam
penelitianinidengankuesioner.Teknikpengolahandananalisisdatayang
digunakanadalahanalisisakuntansi,analisisregresilinierberganda,ujiasumsi
klasik,analisiskoefisiendeterminasi,danujihipotesis.
Hasilanalisisakuntansiyangdiperolehvariabelsosialisasi(X1) memilikinilai
rata-ratasebesar16,6800,sedangkanstandardeviasinyasebesar4,17999.Variabel
tingkatpendidikanpemilik(X2) memilikinilairata-ratasebesar3,0100,
sedangkanstandardeviasinyasebesar1,5667. Variabelpersepsi(X3) memiliki
nilairata-ratasebesar18,5400,sedangkanstandardeviasinyasebesar6,08595.
VariabelpemahamanUMKMatasSAKEMKM(Y)memilikinilairata-rata
sebesar19,3900,sedangkanstandardeviasinyasebesar5,86187.
Hasil analisis regresi linier berganda yang diperoleh Ŷ = 2,342 + 0,450 X1 +
1,288X2 + 0,305X3. Hasilujiasumsiklasikmenunjukkanbahwaresidual
berdistribusinormal,tidakterjadimultikolineritas,tidakterjadi heteroskedastisitas,dantidakterjadiautokolerasisehinggadapatdisimpulkan
bahwamodelregresilinierbergandatelahmemenuhikriteria BestLinier
UnbiasedEstimator (BLUE).
Hasilanalisiskoefisiendeterminasidiperolehnilai adjustedR-square sebesar
0,850 artinyavariabelindependenyaitusosialisasi,tingkatpendidikanpemilik
danpersepsimampumenjelaskanvariabeldependenyaitupemahamanUMKM
atasSAKEMKMsebesar85%.Sedangkansisanyasebesar15%dipengaruhioleh
variabellainyangtidakdijelaskandalampenelitianinisepertilatarbeakang
pendidikan,lamausaha,ukuranusaha,danmotivasi.
Hasilujitmenunjukkanbahwasosialisasiberpengaruhpositifsignifikan
terhadappemahamanUMKMatasSAKEMKMhaltersebutdibuktikandengan
nilaithitung sebesar4,563>t(0,025;96) = 1,985dengansignifikansebesar0,000<
0,025. Dantingkatpendidikanpemilikmemilikiberpengaruhpositifsignifikan
terhadappemahamanUMKMatasSAKEMKM,haltersebutdibuktikandengan
nilaithitung sebesar4,118>t(0,025;96) = 1,985dengansignifikansebesar0,000<
0,025. Sedangkanpersepsimemilikiberpengaruhpositifsignifikanterhadap
pemahamanUMKMatasSAKEMKM,haltersebutdibuktikandengannilaithitung
sebesar3,498>t(0,025;96) = 1,985dengansignifikansebesar0,001<0,025.Adapun
secarasimultan(ujiF),menunjukkanbahwasosialisasi,tingkatpendidikan
pemilikdanpersepsisecarabersama-samaberpengaruhsignifikanterhadap
pemahamanUMKMatasSAKEMKM,haltersebutdibuktikandengannilaiFhitung
sebesar188,421>F0,05(3;96) = 2,70dengantingkatsignifikansebesar0,000<0,05.
Berdasarkanpenjelasandiatas,penelitimemberikansaranuntukpenelitian
selanjutnyaagardapatmenambahjumlahsampeldanvariabelindependen
sehinggahasilnyalebihakurat.
|