Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan asing, ukuran perusahaan dan leverage terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing pada perusahaan manufaktur sub sector otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi, yaitu suatu metode penelitian untuk menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Variabel yang diteliti adalah variabel X yaitu kepemilikan asing, ukuran perusahaan dan leverage sedangkan variabel Y adalah keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen data sekunder. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis akuntansi dan analisis regresi logistik. Pengolahan data menggunakan SPSS 24 dan diperoleh persamaan regresi logistik : ppLn1 =2.386 – 0.054X1 + 0.000X2 + 0.001X3 Model regresi dihipotesiskan fit dengan data dapat dilihat pada nilai -2LL log likelihood (block number) mengalami penurunan sebesar 27.072. Kemampuan Variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Nagelkerke R Square adalah 0,532 artinya 53,2% variabel keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing dapat dijelaskan oleh variabel kepemilikan asing, ukuran perusahaan dan leverage sedangkan sisanya 46,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti profitabilitas dan mekanisme bonus. Hasil hosmer and lemeshow test menunjukan angka 0,020 > 0,05 bahwa model regresi layak digunakan dalam analisis selanjutnya. Hasil uji omnimbus of tests model coefficients menunjukan bahwa kepemilikan asing, ukuran perusahaan, leverage dan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukan bahwa kepemilikan asing berpengaruh signifikan terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing dengan nilai signifikan sebesar 0,011 < 0,05. Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing sebesar 0,004 < 0,05. Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing sebesar 0,983 > 0,05. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain selain yang diteliti dalam penelitian ini, menambah tahun pengamatan, dan menggunakan sampel dengan jenis perusahaanyang berbeda.