Abstrak
Prokrastinasi akademik dimaknai sebagai suatu penundaan secara sadar dalam hal
memulai dan menyelesaikan kewajiban yang dapat menyebabkan individu lalai
akan kewajiban tersebut salah satu faktor yang menyebabkan prokrastinasi
akademik adalah melakukan kegiatan lain yang lebih menyenangkan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh intensitas penggunaan media
sosial terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 221 responden, dengan 80
responden laki-laki dan 141 responden perempuan. Berdasarkan hasil uji regresi
sederhana, didapatkan koefisien R Square sebesar 0.513 dengan probability value
0.000 (p < 0.001). Hal ini menunjukkan adanya kontribusi intensitas penggunaan
media sosial terhadap prokrastinasi akademik sebesar 51,3% dan 48,7% pengaruh
variabel lain yang tidak diketahui. Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan menolak
hipotesis nol (Ho). Selain itu, didapatkan Koefisien Beta 1.142 yang berarti
intensitas penggunaan media sosial memberikan efek positif terhadap
prokrastinasi akademik. Semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial maka
semakin tinggi prokrastinasi akademik.