Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran academic stress dan hardiness
terhadap future time perspective pada mahasiswa UHAMKA. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan
yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan accidental
sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 437 orang. Kriteria responden
yaitu mahasiswa aktif UHAMKA dengan jenjang pendidikan S1. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner berupa
google form dengan skala likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji
hirarki regresi dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 25.
Penelitian ini memiliki tiga alat ukur yaitu Academic Stress Inventory (ASI) milik
Lin & Chen (2009) untuk mengukur variabel academic stress, terdiri dari 30 item
dengan 𝛼 0,944 Kemudian Dispositional Resilience Scale (DRS-15) yang
dikembangkan oleh Hystad, dkk (2010) untuk mengukur variabel hardiness, terdiri
dari 11 item dengan 𝛼 0,784. Selanjutnya Future Time Perspective Scale (FTPS)
yang dikembangkan oleh Husman & Shell (2008) untuk mengukur variabel future
time perspective termasuk alat ukur multidimensi, terdiri dari 4 dimensi dengan 25
item 𝛼 0,799. Hasil penelitian menunjukkan bahwa academic stress memiliki peran
negatif terhadap future time perspective, Lalu adanya hardiness memiliki peran
positif terhadap future time perspective. Kemudian adanya peran academic stress
dan hardiness terhadap future time perspective. Peneliti selanjutnya dapat
mereplikasi penelitian ini dengan permasalahan dan populasi yang berbeda.
Implikasi penelitian ini yaitu hardiness dapat mengurangi academic stress dan
individu dapat merancang future time perspective dengan baik