Abstrak
Setiap pegiat bisnis mengharapkan keuntungan dari produk yang dipasarkan dan
iklan menjadi pintu awal dalam mencapainya. Keterkaitan iklan dan kreativitas
sangat erat sebab iklan perlu dikemas secara unik dan kreatif agar menarik atensi.
Kreativitas merupakan kemampuan individu untuk menciptakan ide dan cara-cara
baru dalam bekerja. Kemudian diketahui bahwa kepemimpinan ialah faktor utama
dalam mendorong munculnya kreativitas. Terdapat berbagai jenis kepemimpinan
salah satunya adalah kepemimpinan paradoks sebagai jenis kepemiminan baru
dimana pemimpin menunjukan perilaku yang dianggap kontradikitf dalam
mengatasi tuntutan di tempat kerja. Penelitian ini mengkaji pengaruh
kepemimpinan paradoks terhadap kreativitas karyawan pemasaran digital di Jakarta
dengan kriteria bekerja dalam bidang agensi dan usia minimal 18 tahun. Terhimpun
sebanyak 177 responden telah dikumpulkan melalui pendekatan kuantitatif dengan
metode accidental sampling lalu penyebaran kuesioner di media sosial. Skala yang
digunakan adalah paradoxical leadership behavior scale dan creative behavior.
Didapati hasil sebanyak 113 individu merupakan perempuan dan 64 laki-laki, usia
responden bervariatif di dominasi 89 individu dengan rentang 22 tahun sampai
dengan 26 tahun. Hasil lain yang didapat kepemimpinan paradoks memberikan
kontribusi positif signifikan sebesar 18,8% dengan probability value 0,000
(p<0,001) dan koefisien β = 0,502. Sehingga dapat dikatakan semakin tinggi
pemimpin menunjukan perilaku paradoks maka semakin tinggi pula kreativitas
karyawan yang akan ditunjukan secara signifikan.