Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Mandalahayu Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif yang mana peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara yaitu dengan mengajukan pertanyaan kepada informan terkait upaya guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Mandalahayu Bekasi sudah terlaksana namun belum secara jelas dan tegas, maksudnya disini belum spesifik mengajarkan tentang nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa karena didasari oleh pembelajaran yang mengatur tentang penerapan pembelajaran moderasi beragama. Bentuk dari nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sudah diterapkan dimana bentuk nilai moderasi beragam disini ialah sikap yang ditanamakan kepada anak, contohnya itu sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan yang beragama diantara mereka, dengan pembelajaran terkait toleransi.