Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang selarasnya perkembangan iptek dengan kemampuan siswa dalam memahami, menghayati dan pengalaman tanggung jawab sehingga terjadinya kemerosotan karakter siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan sikap tanggung jawab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara dengan guru akidah akhlak serta 2 siswa kelas X.
Hasil penelitian ini menunjukan strategi yang digunakan guru akidah adalah strategi nasihat yang dapat meningkatkan sikap tanggung jawab personal siswa, guru memberikan nasihat dengan isi nasihat tentang tanggung jawab yang sesuai dengan dalil naqli dan dalil rasional, lalu dengan kisah teladan nabi. Kemudian nasihat diberikan dengan bahasa yang lembut penuh kasih sayang. Dilanjut dengan dialog personal agar guru dapat menyesuaikan karakter psikologis siswa untuk dinasihati dan nasihat juga diberikan secara berkelompok. Dan dengan melakukan pengulangan nasihat agar nasihat yang disampaikan menimbulkan kesan yang kuat di dalam diri siswa. Tanggung jawab personal siswa meningkat seperti siswa, mengerjakan tugasnya dan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru dengan tepat waktu karena diterapakan strategi nasihat, dan sebagaian dari siswa yang terus berproses tahap demi tahap untuk menjadi lebih tekun dalam belajar dan meningkatkan tanggung jawabnya. Selain itu peningkatkan tanggung jawab tidak mengganggu proses belajar mengajar karena dilakukan secara berkesinambungan dengan proses pembelajaran