Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui efektif penggunaan media youtube dalam meningkatkan keterapilan Istima? di kelas IV SDIT Kaffah Islamic School Jakarta dengan menggunakan penelitian kuantitatif serta menggunakan desain penelitian One Group Pre-Test dan Post-Test. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDIT Kaffah Islamic School. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap siswa kelas IV di SDIT Kaffah Islamic School, maka diperoleh kesimpulan bahwa data pre-test dan post-test yang telah diujikan, diperoleh nilai Sig 0,001 yang berarti lebih kecil dari a 0,05. Dengan demikian bahwa Ho ditolah dan Ha diterima. Pada hasil analisis deskriptif peroleham rata-rata peserta didik pda Pre-test sebesar 48 dan nilai rata-rata untuk Post-test sebesar 84. Berdasarkan data penelitian kuantitatif terdapat kenaikan yang signifikan. Pre-Test yang memiliki dengan hasil rata-rata (Mean) yang rendah yaitu 48 menjadi hasil rata-rata (Mean) yang tinggi dengan Post-Test yaitu 84. Nilai terendah (Minimum) yang diperoleh dari Pre-Test yaitu 4.00, sedangkan nilai terendah (Minimum) yang diperoleh pada Post-Test menjadi 14.00. Maka dapat disimpulkan bahwa telah terbukti adanya perubahan peningkatan pada keterampilan Istima? siswa kelas IV di SDIT Kaffah Islamic School menggunakan Media Youtube.