Abstrak
Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia salah satunya komunikasi interpersonal. Bagi mahasiswa tingkat akhir komunikasi interpersonal dengan dosen pembimbing menjadi penting sebagai proses pertukaran makna pesan yang interaktif guna menghasilkan sebuah penerangan serta pemahaman bagi penelitian yang sedang dilakukan mahasiswa. Selaras dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kompetensi komunikasi yang dimiliki mahasiswa selama berkuliah menunjang proses pengerjaan skripsi dengan baik dan tuntas. Guna mengetahui tujuan penelitian tersebut maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif agar bisa mengkonstruksi pernyataan subjek sehingga argumentasi dari hasil penelitian ini relevan dengan kompetensi mahasiswa tingkat akhir dalam proses penyelesaian skripsi. Setelah melakukan observasi dan wawancara mendalam yang berlandaskan latar belakang masalah dan teori, selanjutnya peneliti mengonstruksi jawaban dari para informan terkait motivasi, keterampilan, dan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa selama berkuliah dan kontribusi ketiga hal tersebut dalam proses penyelesaian tugas akhir. Hasil penelitian yang berdasarkan teori kompetensi komunikasi menjelaskan bahwa diri sendiri merupakan dorongan utama dalam mengerjakan skripsi dan dorongan lainnya seperti orang tua, pasangan, maupun teman yang menyertainya. Dengan adanya faktor dorongan tersebut dapat disimpulkan bahwa pada proses penyelesaian tugas akhir, mahasiswa tingkat akhir Uhamka memiliki kompetensi komunikasi yang baik. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa kompetensi komunikasi merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh mahasiswa tingkat akhir dalam proses pengerjaan maupun penyelesaian tugas akhir.