Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial sebagai media distribusi program D?Academy 5 pada channel YouTube Indosiar. Program D?Academy 5 sukses menjadi pertunjukan bakat musik dangdut nomor satu di Indonesia. Konten D?Academy 5 di YouTube memiliki perfoma yang terbilang bagus dan selalu masuk top konten mingguan semasa acaranya berlangsung. YouTube Indosiar dikelola oleh tim media sosial Emtek-ex yang berada di bawah naungan PT Surya Citra Media.
Penelitian ini menggunakan teori media baru yang dikembangkan oleh Pierre Levy yang memaparkan bahwa media baru merupakan perkembangan media dari konvensional ke era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi deskriptif dan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial sebagai media distribusi program D?Academy 5 pada channel YouTube Indosiar yaitu untuk mempromosikan program D?Academy 5, menjadi second screen sekaligus dapat menjadi insight menarik dalam membuat konten kreatif. Saran bagi penelitian selanjutnya jika ingin meneliti judul yang terkait, diharapkan dapat melihat dari sudut pandang yang lebih luas lagi menggunakan teori uses and gratification yang berfokus pada kepuasan penonton konten D?Academy 5 pada channel YouTube Indosiar.