OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-24108E
Judul : Pemaknaan Perilaku Konsumtif Pada Pelajar SMA Muhammadiyah 3 dan SMAN 87 Jakarta Selatan (Analisis Resepsi Iklan Promosi Pada Akun Instagram @Eminacosmetics)
Pengarang : Safira Aulia Maharani
Penerbit dan Distribusi : FISIP
Subjek : Analisis Resepsi Stuart Hall, Penerimaan, Akun Instagram @Eminacosmetics, Perilaku Konsumtif
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-24108E S06-24108E TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77927
 Abstrak
Instagram @eminacosmetics merupakan suatu akun media sosial resmi yang dimiliki oleh emina cosmetics untuk dapat memperkenalkan brand localdengan jangkauan yang luas bahkan sampai manca negara. Emina cosmetics memperkenalkan salah satu brand local yang aman untuk digunakan oleh remaja, sehingga produknya pun selalu menjadi pusat perhatian remaja untuk membeli serangkaian produk yang dibutuhkan. Perilaku membeli produk secara terus-menerus merupakan perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan teori resepsi oleh Stuart Hall yang menekankan proses encoding dan decoding yang membaginya dalam 3 penerimaan, yaitu penerimaan dominant hegemonic position, penerimaan negotiated position, dan penerimaan oppositional position. Terdapat konsep perilaku konsumtif untuk mendukung masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis resepsi, dengan pemilihan reseptor nya 5 siswi kelas 12 SMA Muhammadiyah 3 dan 5 siswi kelas 12 SMAN 87 Jakarta Selatan yang mengetahui dan menerima pesan Instagram @eminacosmetics. Metode pengumpulan data pada penelitian mengutamakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, serta studi pustaka. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 5 reseptor yang menunjukkan penerimaan dominan karena tayangan iklam promosi pada Instagram @eminacosmetics menarik perhatian dan memberikan jawaban atas pemaknaan yang diterima setelah melihat tayangan dan 5 pelajar menunjukkan penerimaan negosisasi pada tayangan konten di Instagram @Eminacosmetics karena merasa menerima pesan yang di sampaikan tetapi tidak sejalan dengan reseptor. Peneliti tidak menemukan reseptor berada diposisi negosiasi karena tidak ada yang bertolak belakang dengan pesan promosi yang disampaikan oleh akun Instagram @eminacosmetics.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox