Abstrak
Metode dalam pembelajaran merupakan hal penting yang harus diterapkan oleh seorang guru/pendidik. Karena dengan pemilihan metode yang tepat akan menentukan keberhasilan seorang peserta didik dalam mencapai ketuntasan belajarnya, terlebih dalam pembelajaran bahasa Arab yang masih dianggap sulit untuk dipelajari. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis bahasa Arab yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Dalam penelitian ini, peneliti mengimplementasikan metode Scramble dalam pembelajaran bahasa Arab tentang materi هنملة هنملة هنملة هنملة هنملة ااا ا ا (Profesi) terhadap siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Depok yang terletak di Kota Depok tepatnya di Kecamatan Beji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode scramble terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu pretest dan posttest. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui perbandingan nilai antara keterampilan menulis siswa sebelum dan sesudah diimplementasikannya metode Scramble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Scramble dengan keterampilan menulis bahasa Arab. Hal itu dapat dibuktikan melalui hasi Uji Paired Sample t-test dengan Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 dan Uji Independent sample t-test dengan Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Dapat disimpulkan bahwa metode Scramble efektif untuk diterapkan dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab.