OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-24147
Judul : Implementasi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kurikulum Merdeka di MAN 4 Jakarta
Pengarang : Zahra Maulida Fitri
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek : Implementasi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kurikulum Merdeka
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-24147 S07-24147 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77903
 Abstrak
Penelitian ini berfungsi untuk melihat langkah-langkah dalam evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum merdeka di MAN 4 Jakarta Selatan yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka di periode ajar 2022-2023. Pendekatan yang peneliti gunakan ialah studi kasus dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini ialah, pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MAN 4 Jakarta dimulai dengan merumuskan evaluasi pembelajaran yang melihat kepada, TP/ATP dan CP. Selanjutnya pelaksanaan evaluasi yang diawali dengan melaksanakan Asesmen Formatif dimana siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan berbentuk PR di akhir pembelajaran dan terdapat pengulangan materi. Asesmen diagnostik dilakukan dengan pengolahan kemahiran berbicara dan menulis melalui sosial media whatsapp dan asesmen sumatif dilakukan dengan pelaksanaan ujian berbasis tertulis. Evaluasi berbasis kurikulum merdeka terdapat beberapa hal yang dipecah lagi terutama pada bagian asesmen sumatif seperti penilaian berbasis project dan portofolio, penilaian berbasis keterampilan dan lembar refleksi guru dan siswa. Dalam hal ini asesmen sumatif dengan penilaian project portofolio, keterampilan, jurnal refleksi guru dan siswa juga mandiri dan sejawat, belum terlaksana dengan baik dan relevan. Hal tersebut yang dirasakan sebagai kekurangan oleh guru dalam pelaksanaan evaluasi. Kelebihan yang hadir ialah guru mampu mengaktifkan pembelajaran dan melihat keberhasilan belajar siswa secara mendalam serta mampu merancang bahan ajar sesuai kebutuhan siswa. Berdasar pada kuesioner kualitatif yang menyertai penelitian ini, implementasi evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum merdeka berada pada 60% tahapan pelaksanaan
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox