Abstrak
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembiayaan dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha, mikro, kecil dan menengah baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini memakai data primer dengan menyebarkan kuesioner, jumlah sampel 100 orang dengan target nasabah pembiayaan mikro di Bank Syariah Indonesia KCP Wahid Hasyim. Uji hipotesis penelitian ini memakai analisis Regresi Linier Berganda dengan Uji T, Uji F & Uji Koefisien Determinasi. Olah data menggunakan microsoft excel & SPSS 26. Penelitian ini menunjukkan pembiayaan memiliki pengaruh signifikan pada perkembangan usaha, mikro, kecil dan menengah. Hal ini dibuktikan dibuktikan dengan hasil thitung yakni 2,430 > ttabel sebesar 1,984, strategi pemasaran memiliki pengaruh signifikan pada perkembangan usaha, mikro, kecil dan menengah. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung sebesar yakni 3,310 > ttabel yakni sebesar 1,984 dan variabel pembiayaan dan strategi pemasaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha, mikro, kecil dan menengah. Hal ini dibuktikan fhitung yaitu 12,303 > ftabel sebesar 3,09 maka diartikan Ha diterima H0 ditolak.