Abstrak
Preferensi memiliki beberapa faktor pendorong yang berpengaruh terhadap perbankan syariah. Faktor-faktor ini mencakup kualitas layanan dan kualitas produk bank. Selain itu, promosi juga menjadi faktor penting dalam menarik preferensi nasabah terhadap perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa berpengaruh faktor pelayanan, kualitas produk, dan promosi pada preferensi publik dalam memilih bank syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu dengan menyebar kuesioner kepada masyarakat yang didalamnya terdapat pernyataan-pernyataan tertulis yang harus diisi atau dijawab. Hasil penelitian ini yaitu uji t variabel pelayanan memiliki koefisien regresi beta sebesar 0,030 dengan nilai signifikansi sebesar 0,976 > 0,05, maka hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak sehingga variabel pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel bank syariah. Variabel kualitas produk memiliki koefisien regresi beta sebesar 22,772 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap bank syariah. Variabel promosi memiliki koefisien regresi beta sebesar 2,551 dengan nilai signifikansi sebesar 0,012 < 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap bank syariah. Untuk hasil uji f menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari variabell pellayanan, kulalitas produlk, dan promosi selcara kelsellulrulhan telrhadap variabell bank syariah yaitul 0,003 < 0,05, sehingga dapat disimpullkan bahwa telrdapat pelngarulh positif dan signifikan dari variabell pellayanan, kulalitas produlk, dan promosi telrhadap bank syariah. Hasil uji koefisien determinasi dari variabel pelayanan, kualitas produk, dan promosi terhadap bank syariah sebesar 80,6%, sisanya 19,4% dipelngarulhi olelh faktor lain.