Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dalam mata pelajaran PAI yang dilaksanakan oleh lembaga SMA Negeri 74 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 74 Jakarta Selatan yang beralamat di JL. Darma Putra XI No.10, RT.10/RW.7, Kelurahan Kebayoran Lama Setalan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 12240. Informan dan sumber data dari penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Guru PAI, dan siswa-siswi kelas XII IPA SMA Negeri 74 Jakarta yang terdiri dari tiga kelas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran PAI dengan metode luring paling diminati oleh siswa karena terdapat beberapa faktor pendukung pada pembelajaran luring dan dapat bertatap muka oleh guru secara langsung sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif dan pada akhirnya hasil belajar siswa didalam pembelajaran luring lebih baik dan meningkat dibandingkan pembelajaran daring.