Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur'an terhadap motivasi belajar siswa di MA Al-Khairiyah kelas X yang berlokasi di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data. Hasil data kuesioner diolah menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic 26.0 dan Microsoft Excel 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 71 orang yang dijadikan sampel. Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yaitu menggunakan uji t yang dimana menunjukkan bahwa nilai nilai t hitung = 9,827 lebih besar (>) dari nilai t tabel = 1,667 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil koefisien yang diperoleh, dapat diketahui bahwa nilai koefisien determinasi dapat terlihat pada table bagian R Square dengan nilai sebesar 0,583. Hal ini berarti kemampuan variable bebas dalam menjelaskan variable terikat sebesar 58,3% dan sisanya 41,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini