OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-24072E
Judul : Motif dan Kepuasan Subscriber menonton konten budaya suku Baduy dalam Channel Youtube Ayi Astaman
Pengarang : Tiara Aini Zulfa
Penerbit dan Distribusi : FISIP
Subjek : Motif, kepuasan, Uses and Gratification Theory.
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-24072E S06-24072E TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77838
 Abstrak
Salah satu bentuk baru dalam berkomunikasi yang di tawarkan oleh dunia internet yaitu Media sosial yang secara perlahan menjadi salah satu pemenuhan kebutuhan akan informasi. Dalam dunia bisnis media sosial terbukti sangat efektif sebagai alat promosi. Salah satunya yaitu media sosial youtube yang dapat dijadikan platform untuk mempromosikan Objek Wisata karena Youtube merupakan platform video yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Menurut data dari We Are Social & Hootsuite pada Januari 2023, terdapat sekitar 2,51 miliar pengguna Youtube di seluruh dunia. di era saat ini pemanfaatan media sosial untuk promosi sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh pelaku industri di dalam sektor pariwisata karena adanya daya tarik tersendiri dengan melakukan promosi objek wisata melalui penggunaan media sosial. Indonesia memiliki banyak objek wisata yang indah, menarik dan Unik untuk di kunjungi, dan kini media sosial sudah menjadi alat yang sangat penting untuk mempromosikan suatu objek wisata ke pasar global. Salah satu promosi objek wisata melalui media sosial youtube terdapat di dalam Channel youtube Ayi Astaman dimana di dalam channel tersebut mempromosikan Suku Baduy melalui Konten Budaya yang ada di dalam suku tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Motif dan kepuasan Subscriber menonton Konten Budaya dalam Channel youtube Ayi Astaman. maka peneliti menggunakan Teori Uses and Gratification sebagai pisau analisis untuk mengungkap fenomena dalam penelitin ini. Teori Uses and Gratification menjelaskan bahwa pengguna media di arahkan oleh motif tertentu. Teori ini pun menyatakan bahwa khalayak media memiliki kebebasan dalam menentukan media mana yang akan mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Asumsi dasar dari Teori Uses and Gratification yaitu berfokus pada khalayak dari pada media itu sendiri. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dengan Metode Survey. Maka Hasil dari penelitian ini yaitu jumlah Mean GS 56.83 dan Mean GO 59.80 yang artinya Mean GO > Mean GS, dan Uji T-test menunjukkan Sig 0.00 < 0.05 yang artinya Hipotesis diterima maka disimpulkan bahwa Khalayak puas menonton konten budaya suku Baduy dalam channel youtube Ayi Astaman.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox