Abstrak
sebagai suatu kebutuhan. Perolehan yang di dapat dari masyarakat yang
berawal dari mendapatkan informasi secara konvensional bertransisi dengan
penggunaan layanan internet untuk mempercepat mendapatkan akses sebuah
informasi. Media sosial sendiri sebuah hasil dari terciptanya internet, karena
media sosial saling memiliki keterefektivitas dalam berbagi informasi dan
komunikasi. Berbagai macam media sosial seperti Facebook, Youtube,
WhatsApp dan banyak lainnya. Instagram menjadi salah satu media sosial
yang seluruh penduduknya menggunakan salah satu platform tersebut. Dufan
singkatan dari Dunia Fantasi sebuah tempat rekreasi atau tempat wisata yang
berkawasan di wilayah Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara. Akun
@infodufan biasanya melakukan rush information bagi para followersnya atau
pengunjung yang akan berkunjung ke wahana dufan. Biasanya mereka yang
melihat akun @infodufan untuk mengetahui pemberitahuan apa saja mengenai
promo, wahana baru, situasi yang ada di Dufan dan lainnya.
Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme. Kerangka berpikir
dari penelitian ini menggunakan Teori Efektivitas sebuah pengujian terkait
pengukuran data menentukan arah tujuan untuk mendapatkan sesuatu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian survey.
Teknik pengumpulan data yang didapatkan yaitu berupa angket/kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas followers akun
@infodufan terhadap pemenuhan informasi pariwisata pada kategori rendah.
Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan hasil uji korelasi nilai (R) sebesar
0,308. Hal ini bisa diartikan bahwa variabel Efektivitas akun Instagram
@infodufan 0,308 memiliki efektivitas terhadap variabel pemenuhan informasi
pariwisata.