Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru al-islam dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran, sopan santun, disiplin dan tanggung jawab pada siswa di SMP Muhammadiyah 2 Ciledug Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatanan kualitatif yang berkarakter deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru al-islam, dan peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Ciledug Tangerang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah ditemukan data yang dibutuhkan kemudian di analisis dengan cara mereduksi data (Data Reduction), menyajikan data (Data Display), dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji pada siswa dapat dikatakan berhasil walaupun masih terdapat sebagian kecil siswa yang belum menunjukkan perilaku yang baik. Adapun upaya yang guru al-islam lakukan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji yaitu melalui latihan atau pembiasaan, uswatun hasanah (keteladanan), punishment (hukuman), dan melalui kegiatan keagamaan.