Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat membaca Al-Quran siswa serta apa saja faktor pendukung dan penghambat didalam meningkatkan minat membaca Al-Quran siswa di SMP Al-Husna Kembangan Jakarta Barat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dan Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru sudah cukup berhasil melakukan beberapa strategi ke siswa dengan baik dalam meningkatkan minat membaca Al-Quran siswa dengan memberikan latihan kepada peserta didik, pendampingan, pembiasaan dan juga memberikan motivasi. Banyak siswa yang mengikuti arahan guru. Dengan adanya faktor pendukung memudahkan guru dalam meningkatkan minat membaca Al-Quran dan dengan adanya Faktor penghambat tidak menghalangi guru dalam meningkatkan minat membaca Al-Quran siswa di SMP Al-Husna Kembangan Jakarta Barat.