Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Smartphone Dalam Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta, dan manfaat apa saja yang diberikan smartphone pada Penggunannya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui tiga tahap yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru serta peserta didik mata pelajaran akidah akhlak kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penggunaan smartphone pada peserta didik dan guru dapat memberikan beberapa manfaat serta kemudahan dalam melaksanakan pembelajaran terutama pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X. Perkembangan teknologi seperti media smartphone memberikan dorongan untuk dapat memanfaatkan penggunaan smartphone dengan sebaik-baiknya. Adapun penggunaan smartphone pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X adalah sebagai media untuk membantu dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, dan juga sebagai media untuk mencari sumber Rujukan materi pembelajaran yang dibutuhkan. Smartphone tentunya dapat memberikan manfaat jika mampu menggunakannya secara bijak dan juga baik. Penggunaan smartphone dalam pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak tentunya untuk membantu peserta didik untuk mencari sumber materi pembelajaran yang baik.