Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru tahfizh dalam meningkat kualitas hafalan Al-Qur'an santri serta mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi strategi guru tahfizh dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an santri dan solusi yang ditemukan oleh guru tahfizh Al-Qur'an.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif , peneliti melakukan penelitian pada santri tingkat SMA di Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Cipondoh Tangerang pada tahun ajaran 2022/2023. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan dalam analisis data penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan oleh Guru Tahfizh telah diimplementasikan oleh santri dengan menggunakan cara untuk memperkuat hafalan dan membaguskan bacaan, cara atau metode yang Guru Tahfizh gunakan antara lain: Metode Ziyadah, Metode Tahsin Bin Nazhor, Metode Imtihanul Hifzh, Metode Itqonul Hifzh, dan Metode Tuhfatul Athfal.