Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui bagaimanakah strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk perilaku disiplin peserta didik di MAN 16 Jakarta. Kedua, mengetahui apakah hambatan-hambatan Guru Akidah Akhlak dalam membentuk perilaku disiplin peserta didik di MAN 16 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara secara langsung kepada 2 orang Guru Akidah Akhlak, 1 orang Guru Bimbingan Konseling, 1 orang Wakil Kepala Kesiswaan, dan 4 orang peserta didik di MAN 16 Jakarta. Untuk melengkapi bahan penelitian, peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk perilaku disiplin peserta didik di MAN 16 Jakarta adalah dilakukan melalui: (a) Keteladanan; (b) Pembiasaan; (c) Budaya Sekolah; dan (d) Hukuman maupun Reward. Kedua, hambatan yang dihadapi oleh Guru Akidah Akhlak dalam membentuk perilaku disiplin peserta didik di MAN 16 Jakarta disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu, (a) karakter pribadi peserta didik sedangkan faktor eksternal yaitu, (a) Faktor Pertemanan; (b) Faktor Kemajuan Teknologi; dan (c) Faktor Lingkungan Keluarga atau Tempat Tinggal.