OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-24055
Judul : Pengaruh Metode Pembelajaran Active Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Fiqih di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta Timur
Pengarang : Defa Tri Kusumastuti
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek : Pengaruh Metode Pembelajaran Active Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-24055 S07-24055 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77784
 Abstrak
Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya permasalah di dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama ini masih menggunakan metode yang berorientasi pada guru sehingga munculnya kemalasan siswa untuk berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode active learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan penelitian survei. Penelitian ini dilaksanakan dimulai bulan April hingga bulan Agustus 2023, bertempat di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA yang berjumlah 173 siswa. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Sampling insidental kemudian menghitung menggunakan rumus Slovin dan hasilnya 120 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara metode active learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta Timur. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (8,044 > 1,980) yang artinya active learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox