Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini ialah dimana sikap religius merupakan salah satu faktor terpenting dalam kehidupan seseorang. Religius yang tinggi ditandai dengan adanya keyakinan akan adanya Tuhan, yang diwujudkan dalam diri individu yang belajar tentang ajaran yang diyakininya dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya. Perilaku yang sesuai dengan ajaran agama dan berdampak positif bagi sekitarnya, seperti perilaku suka menolong, kerjasama dengan orang lain, perilaku jujur, menghormati orang yang lebih tua dan santun sambil berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP PGRI 336 Tangerang Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi yang dimana guru telah menanamkan nilai tawadhu, tassawuf, dan tasamuh yang ditandai adanya perubahan dari sifat siswa dan siswi yang dimana mereka lebih memahami perbedaan, lebih hormat dan taat terhadap orang yang lebih tua terutama guru. Kedua, faktor pendukung guru PAI memberikan Reward kepada siswa dan siswi yang memiliki prilaku baik sebagai pemicu diri mereka menjadi lebih baik lagi dan tidak mengulangi kesalahan yang melanggar nilai religius.