Abstrak
Penelitian ini tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran dari guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap toleransi beragama dan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik di SMA Mandalahayu Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu Kepala SMA Mandalahayu Kota Bekasi, 2 Guru Pendidikan Agama Islam SMA Mandalahayu Kota Bekasi, 5 siswa/I kelas X dan XI beragama muslim, dan 5 siswa/I kelas X dan XI beragama non muslim di SMA Mandalahayu Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam membangun sikap toleransi beragama kepada peserta didik sudah cukup baik dilakukan di lingkungan sekolah terutama pada saat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung. Budaya Toleransi terutama tolerasi beragama sudah cukup baik diterapkan di SMA Mandalahayu Kota Bekasi, hal ini terlihat dari para siswa/I yang bisa bekerja sama dalam kebaikan tanpa memandang perbedaan agama. Walaupun belum ada regulasi atau peraturan sekolah yang secara khusus terkait multikultural dan toleransi beragama namun penerapan nilai-nilai multikultural sudah bisa dirasakan oleh setiap warga sekolah terutama siswa/i SMA Mandalahayu Kota Bekasi. Dampak positif yang dirasakan dari terimplentasikannya nilai-nilai multikultural ini membuat para siswa/I bisa saling merasakan bahwa dengan keragaman yang ada tidak menghalanginya untuk saling bekerja sama satu dengan yang lainnya. Dari sikap toleransi ini terwujud rasa saling menghargai, menyayangi, dan juga memperluas wawasan akan keberagaman sehingga keragaman dipandangnya sebagai rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.