Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama?ah siswa di SMA Negeri 33 Jakarta. Kedua, mengetahui kedisiplinan shalat siswa di SMA Negeri 33 Jakarta. Ketiga, mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung idalam imeningkatkan kedisiplinan ishalat iberjama?ah isiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi. Dalam melakukan wawancara, sebagai informan adalah 2 orang Guru Pendidikan Agama Islam, 1 orang Guru Bimbingan Konseling, 1 orang Staf Wakil Kesiswaan, dan 5 orang siswa SMA Negeri 33 Jakarta.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan Shalat Berjama?ah Siswa di SMA Negeri 33 Jakarta, dalam proses mengajar guru mempunyai tugas untuk memotivasi, membimbing, memberikan arahan kepada siswa. Sedangkan, kedisiplinan shalat berjama?ah siswa di SMA Negeri 33 Jakarta sudah sesuai dengan diharapkan, ketepatan waktu dalam shalat berjama?ah sudah melekat untuk siswa. Akan tetapi, masih ada sedikit siswa yang belum memiliki kesadaran untuk melaksanakan shalat berjama?ah. Kedua, faktor pendukung meliputi peran aktif guru Pendidikan Agama Islam, ketersediaan sarana, dan prasarana ibadah. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu masih terbatasnya sarana ibadah seperti masjid yang kurang luas, kurangnya dukungan keluarga, dan belum meratanya kesadaran siswa.