Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi serta langkah-langlah model pembelajaran ASSURE pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Cisauk. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran ASSURE pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Cisauk dapat menjadikan pembelajaran menjadi efektif, efisien, aktif, menyenangkan, mudah dipahami. Dalam implementasi model pembelajaran ASSURE pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdapat perencanaan pembelajaran yang memuat perangkat pembelajaran dan pelaksanaan implementasi model ASSURE yang memuat 6 langkah di dalamnya.