Abstrak
Kajian skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya Pendidikan shalat berjamaah bagi siswa sejak dini. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi mahasiswa tentang strategi guru Fiqih dalam meningkatkan kedisplinan shalat berjamaah kelas XI di MA Manaratul Islam Jakarta Selatan, penghambat, serta cara mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi . Hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa kedisiplinan shalat berjamaah di MA Manaratul sudah cukup bagus, hal ini dikarenakan strategi yang telah dilakukan oleh guru Fiqih terhadap kedisiplinan shalat berjamaah siswa MA Manaratul Islam. Strategi dilakukan adalah dengan mengadakan pembahasan tentang evaluasi shalat Dzuhur berjamaah di rapat rutin guru, serta hubungan kerja sama antara guru dengan anggota OSIS dalam sistem absensi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembiasaan shalat Dzuhur di MA Manaratul Islam sudah baik dan strategi dari guru Fiqih serta pihak sekolah sudah efektif bagi pendisiplinan siswa MA Manaratul Islam.