Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam meningkatkan kemampuan siswa melafalkan makhorijul huruf di SMP Bina Taruna. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah 1 guru pendidikan agama islam dan 5 peserta didik dikelas VII SMP Bina Taruna . penelitian ini dilaksanakan di SMP Bina Taruuna dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan siwa melafalkan makhorijul huruf yaitu: guru menjelaskan terkait makhorijul huruf, guru memberikan contoh terkait pelafalan makhorijul huruf yang baik dan benar, guru memberikan evaluasi setelah pembelajaran sehingga membuat siswa lebih mudah mengingat pelafalan makhorijul huruf yang tepat. Dengan demikian, peran yang dilakukan guru PAI di SMP Bina Taruna sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, administrator. Pembelajaran makhorijul huruf ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan praktek . adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu berupa kurangnya waktu pembelajaran. Dan faktor yang dapat mendukung berjalnnya pembelajaran makhorijul huruf ini karena fasilitas dan tambahan buku ajar yang memadai untuk digunakan