Abstrak
Penelitian ini bertujuan :pertama mengetahui Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam membina akhlak siswa Madrasah Aliyah Darul Ma?arif Jakarta Selatan; kedua mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak siswa Madrasah Aliyah Darul Ma?arif Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode pada penelitian ini adalah trianggulasi yaitu dengan cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Guru Aqidah Akhlak dan Peserta didik kelas XI-XII. Hasil dari penelitian ini adalah dari Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Darul Ma?arif Jakarta Selatan memiliki faktor penghambat seperti kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dengan guru-guru, orang tua dan sarana prasarana yang kurang memadai sehingga mengakibatkan pembinaan akhlak siswa belum terlaksana dengan baik. Untuk metode pembinaan akhlak belum juga terlaksana dengan efektif, masih terdapat peserta didik yang melanggar aturan sekolah. Dan untuk faktor-faktornya yaitu: pertama, faktor pendukungnya ialah sarana dan prasarana, berkerja dengan hati. Sedangkan untuk kedua, faktor penghambat dalam pembinaan akhlak siswa kurangnya sarana dan prasarana yang memadai khususnya CCTV, waktu yang terbatas dan lingkuhan diluar sekolah juga sangat berpengaruh pada akhlak peserta didik.