Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam pembelajaran Inklusi serta untuk mengetahui faktor-faktor penunjang dan penghambat strategi guru PAI dalam pembelajaran Inklusi di SD Islam Al-Izzah Bekasi. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan metode yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Guru menggunakan strategi pendekatan individu kepada siswa Inklusi. Kurikulum yang digunakan pada pembelajaran Inklusi untuk kelas I dan IV menggunakan kurikulum merdeka, kelas II, III, V, dan IV menggunakan kurikulum 2013. Dan metode yang sering digunakan pada pembelajaran inklusi yaitu metode ceramah, karena materi PAI lebih banyak penjelasan-penjelasan dan cerita inspiratif namun juga diselingi dengan media putar vieo kisah inspiratif yang sesuai pada tema pembelajaran. Faktor penunjang pada strategi guru PAI dalam pembelajaran inklusi ialah adanya shadow teacher yang menangani siswa berkebutuhan kelas pada tiap kelasnya dan adanya pemanfaatan sarana prasarana disekolah. Selain itu faktor penghambat guru PAI dalalam pembelajaran inklusi yaitu adanya siswa yang memiliki IQ rendah dan shadow teacher yang belum berkualifikasi seseuai dengan bidangnya sehingga membuat guru kesulitan dalam menghadapi psikis dan mental pada siswa berkebutuhan khusus pada saat pembelajaran PAI.