Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XII AP Di SMK Cengkareng 1 Jakarta Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di mana peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan metode survey sebagai data pendukung dan metode pelengkap yang kemudian dilakukan penelitian kualitatif dengan pendekatan individual dan komunikasi sebagai data utama dan sebagai metode yang lebih dominan dalam penelitian ini. subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pai dan siswa kelas XII AP di SMK Cengkareng 1 Jakarta sebagai data penguat hasil penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi sebanyak 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif dengan metode survey yang diperoleh dari hasil wawancara mengenai Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XII Di SMK Cengkareng 1 Jakarta yaitu : Guru bukan sekedar mengajar melainkan sebagai Teladan, memberikan nasehat, membiasakan, membimbing,dan memotivator.