Abstrak
Semakin berkembangnya Teknologi Komunikasi Informasi menjadikan masyarakat merubah gaya berkomunikasi dari yang sebelumnya menggunakan media konvensional, sekarang menggunakan media sosial. Penelitian strategi Humas ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan New Media Theory oleh Pierre Levy dan konsep strategi humas oleh Cutlip&Center. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humas Kominfotik Jakarta Selatan menerapkan strategi Humas menurut Cutlip&Center seperti Fact finding, planning, action, evaluating serta juga mengalami hambatan teknis, semantik, dan manusiawi dalam meningkatkan online engagement di instagram @KotaJakartaselatan. Humas KOMINFOTIK Jakarta Selatan memaksimalkan untuk dapat menarik perhatian audience namun tetap pada aturan pemerintah terkait batasan-batasan dalam penyajian konten dan penyebaran informasi. Peneliti menemukan bahwa Humas Kominfotik Jakarta Selatan yang bertugas sebagai layanan informasi publik sudah cukup baik dalam meningkatkan online engagement @KotaJakartaSelatan dengan menerapkan strategi Humas yang tepat dan menjadikan hambatan sebagai tantangan yang akan terus dimaksimalkan kinerjanya agar semakin baik kedepannya dan nilai online engagement @KotaJakartaSelatan meningkat serta penyebaran informasi berjalan semakin efektif.