Abstrak
Usaha kedai kopi saat ini sangat banyak beredar di Indonesia dan mayoritas masyarakat Indonesia suka sekali kumpul atau sekedar menghabiskan waktu di kedai kopi dengan teman, keluarga ataupun sendiri. Banyak orang lalu mulai membuka usaha bisnis kedai kopi disetiap daerah di Indonesia. Terletak di Tambun Bekasi Jawa Barat kedai kopi Greenhouse mulai menjejaki bisnis kopi. Kedai kopi Greenhouse merupakan salah satu kedai kopi di Bekasi yang mengemas konsep yang sederhana terlihat rapih dan minimalis dengan halaman yg luas dan riuh, teduh dan rindang banyak pepohonan dan tanaman nuansa kehijauan sesuai dengan namanya, banyak tumbuh-tumbuhan ditanam disekitar kedai kopi Greenhouse.
Dalam strategi komunikasi pemasaran kedai kopi greenhouse menggunakan media sosial khususnya instagram sebagai media pemasaran. Kedai kopi greenhouse adalah merek kedai kopi yang mengusung tema hijau sebagai brand identity dari kedai kopi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam penguatan brand identity pada kedai kopi greenhouse melalui instagram.
Peneliti menggunakan teori brand identity yang dimana teori ini mempunyai empat elemen seperti nama merek, logo, slogan dan kisah merek. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran digital marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dan informasi.
Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti yaitu Greenhouse menggunakan empat elemen dari brand identity yaitu nama merk, logo, slogan dan kisah merek sebagai penguatan brand identity mereka. Kemudian greenhouse menggunakan pemasaran melalui digital marketing melalui instagram.