Abstrak
Persuasif merupakan sebuah strategi komunikasi yang dilakukan oleh para
pelaku usaha bisnis yang bertujuan untuk mempengaruhi, membujuk, dan merayu
pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam
perkembangan zaman, pelaku usaha tidak hanya mempromosikan produknya secara
langsung, tetapi juga menggunakan aplikasi media sosial sebagai bentuk pemasaran
secara digital, salah satunya dengan menggunakan aplikasi TikTok. TikTok dengan
salah satu fiturnya yaitu live streaming dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk
mempromosikan dan menjual produk yang ditawarkan, seperti yang dilakukan oleh
akun @FashionToday. Penelitian ini berfokus pada efektifitas komunikasi persuasif
pada live TikTok sehingga penelitian ini menggunakan model komunikasi
interaksional, dengan konteks komunikasi masa, teori SOR, dan konsep media baru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, perspektif Postivistik, metode
survei asosiatif yang menjelaskan hubungan (korelasi) antar variabel. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 86
responden dengan penyebaran yang dilakukan pada Juni 2023. Hasil penelitian data
yang di uji berdistribusi normal sehingga menunjukkan Efektifitas komunikasi
persuasif berada pada kategori sedang cenderung tinggi dan untuk minat beli berada
pada kategori tinggi cenderung sedang. Hasil uji korelasi parametic menunjukkan
bahwa koefisien korelasi (r) senilai 0.869 berada pada kategori cukup tinggi, nilai
signifikansi pada 0.01. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas
komunikasi persuasive pada live TikTok @fashion today