Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan konsep diri
dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMA. Skala yang digunakan
untuk kepercayaan diri menggunakan teori Shrauger dkk. (1995), Personal Evaluation
Inventory (PEI) (α = 0,888), variabel konsep diri menggunakan teori Parker (1966), Self-
Concept Scale (α = 0,710), dan kecemasan berbicara di depan umum menggunakan teori
McCroskey (1978), Personal Raport Communication Apprehension (α = 0,905). Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 227 responden.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan menggunakan
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah multicorrelation, pengolahan data
menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan
negtif signifikan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum (r =
-0,615; p <0,01), (2) Ada hubungan negatif signifikan antara konsep diri dengan kecemasan
berbicara di depan umum (r = -0,433; p <0,01), (3) Ada hubungan positif signifikan antara
kepercayaan diri dan konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan umum (r = 0,615;
p = <0,01). Maka dapat dikatakan pada ketiga variabel tersebut terdapat korelasi yang
signifikan. Dengan demikian Ha dalam penelitian ini diterima.