Abstrak
Mahasiswa dihadapkan dengan perubahan sistem belajar mengajar serta tuntutan yang lebih berat semenjak memasuki masa perkuliahan. Mahasiswa diharapkan mampu menghadapi rintangan dan kesulitan dalam bidang akademiknya yang disebut resiliensi akademik. Studi telah menemukan bahwa Intellectual humility ntellectual humility ntellectual humility ntellectual humility ntellectual humility berkberkberkaitan dengan aitan dengan aitan dengan aitan dengan aitan dengan aitan dengan aitan dengan aitan dengan aitan dengan aitan dengan aitan dengan motivasi motivasi motivasi motivasi motivasi motivasi motivasi motivasi motivasi intrinsiintrinsiintrinsiintrinsiintrinsiintrinsiintrinsik untuk ntuk ntuk ntuk belajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan penbelajar demi mendapatkan pengetgetgetahuaahuaahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intellectual humility berperan dalam memprediksi resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian non-eksperimen dengan melibatkan 217 mahasiswa (158 perempuan dan 59 laki-laki, M=22,212, SD=1,284) sebagai responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS) untuk mengukur Intellectual Humility dan The Academic Resilience Scale-30 (ARS-30) dengan teknik pengambilan data melalui penyebaran kuesioner google form. Hasil penelitian didapatkan nilai R sebesar 0,668 dan R square sebesar 0,447, koefisien F sebesar 173,463 dan probability value sebesar <0,001, koefisien B sebesar 1,374 dengan SE 0,104 dan probability value sebesar <0,001. Data ini menunjukkan bahwa intellectual humility dapat memprediksi resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di wilayah Jabodetabek dengan kontribusi sebesar 44,7%. Selanjutnya, intellectual humility memberikan efek positif signifikan terhadap resiliensi akademik, dimana temuan ini menyiratkan bahwa intellectual humility yang lebih tinggi pada individu diprediksi akan meningkatkan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di wilayah Jabodetabek.