OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-24054e
Judul : Hubungan antara academic dengan prokrastinasi akademik pada Mahasiswa yang aktif berorganisasi di DKI Jakarta
Pengarang : Mia Resti Wigati
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : FLOW AKADEMIK
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-24054e S08-24054e TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77567
 Abstrak
Academic flow telah terbukti dalam beberapa penelitian memiliki hubungan atau kaitan dengan prokrastinasi akademik. Academic flow memiliki hubungan negatif dengan prokrastinasi akademik. Mahasiswa dengan academic flow memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi dalam mengerjakan tugas akademik daripada mahasiswa yang tidak memiliki academic flow. Namun, kebanyakan mahasiswa sulit untuk masuk ke kondisi flow ketika mengerjakan aktivitas akademik dikarenakan banyak hal yang mendistraksinya sehingga menunda menyelesaikan tugas akademik. Maka dari itu dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic flow dengan prokastinasi akademik pada mahasiswa yang aktif berorganisasi di DKI Jakarta. Sampel pada penelitian ini sebanyak 346 mahasiswa yang aktif berorganisasi di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu Validation of the Study-Related Flow Inventory (WOLF-S) oleh Bakker (2008) untuk mengukur academic flow dengan alpha Cronbach 0.913 dan Tuckman?s Procrastination Scale oleh Tuckman (1991) untuk mengukur prokrastinasi akademik dengan nilai alpha Cronbach 0.885. Data penelitian ini diuji dengan menggunakan metode analisa korelasi dengan aplikasi SPSS 25 pada penelitian ini mendapatkan nilai sebesar -0.447 dengan probability value sebesar 0.000 (P<0.001). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara academic flow dengan Prokrastinasi Akademik, oleh karena itu hipotesis alternatif diterima.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox