OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-24084e
Judul : Pengaruh Edukasi Gizi dan Zumba Terhadap Asupan Energi, Pengetahuan Gizi, IMT, dan Persen Lemak Tubuh pada Member Fitness Center Ciputat
Pengarang : Fitriyah Arifah Regar
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : Asupan Energi, Edukasi Gizi, IMT, Pengetahuan Gizi, Persen Lemak Tubuh, Zumba.
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-24084e S05-24084e TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77487
 Abstrak
Status gizi lebih adalah kejadian penumpukan lemak berlebihan di jaringan adiposa dan ditentukan oleh indeks massa tubuh (IMT) ³ 23 kg/m2 ke atas. Menurut Riskesdas 2018, kejadian status gizi lebih mencapai angka 15,1% dan kejadian obesitas mencapai angka 29,3% pada wanita dewasa >18 tahun. Olahraga kardio di fitness center menjadi salah satu upaya untuk menanggulangi masalah tersebut sebab olahraga ini banyak disukai karena keefektifannya dalam menurunkan berat badan, terutama pada wanita. Namun masih banyak pula wanita yang berolahraga tetapi tidak memiliki pola makan yang sehat karena kurangnya terpapar terhadap pengetahuan gizi. Pemberian edukasi gizi dapat menjadi solusi yang tepat guna meningkatkan pengetahuan gizi untuk memahami pola makan yang sehat. Penelitian ini dilakukan unuk mengetahui pengaruh edukasi gizi dan zumba terhadap asupan energi, pengetahuan gizi, IMT, dan persen lemak tubuh pada member fitness center khusus wanita di Soul Sister Studio. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest post-test dengan melakukan intervensi (perlakuan) berupa edukasi gizi dan zumba terhadap 30 responden selama 2 minggu. Analisis dilakukan dengan uji statistik Paired T- test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh edukasi gizi dan Zumba terhadap pada variabel asupan energi, pengetahuan gizi, IMT, dan persen lemak tubuh (p=0.000).
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox