OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-24035e
Judul : Hubungan Karakteristik Responden, Kepatuhan Konsumsi Obat, dan Kualitas Layanan POSBINDU dengan Kualitas Hidup Penderita Hipertensi di RW 06 dan RW 09 Kelurahan Cipete Utara Kecamatan Kebayoran Baru Kota Jakarta Selatan Tahun 2023
Pengarang : Fellyana Eka Histari
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : Hipertensi, Kualitas Hidup, Kepatuhan Konsumsi Obat, Karakteristik Responden, Kualitas Layanan POSBINDU
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-24035e S05-24035e TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77413
 Abstrak
Hipertensi adalah kelainan sistem sirkulasi darah yang mengakibatkan peningkatan tekanan darah diatas nilai normal atau tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang paling sering menyerang masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik responden, kepatuhan konsumsi obat, dan kualitas pelayanan POSBINDU dengan kualitas hidup penderita penderita hipertensi di RW 06 dan RW 09 Kelurahan Cipete Utara Kecamatan Kebayoran Baru Kota Jakarta Selatan tahun 2023. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kombinasi, rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dan penelitian kualitatif dengan wawancara informal. Dalam teknik pengambilan sampel ini peneliti menggunakan teknik sampling purposive. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner WHOQOL-BREF. Analisa data penelitian ini menggunakan chi-square (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hidup penderita hipertensi berada dalam kategori baik (86.1%). Karakteristik responden yang mempengaruhi kualitas hidup penderita hipertensi dalam penelitian ini adalah usia dari responden tersebut dengan hasil uji bivariat p value = 0,016. Kepatuhan konsumsi obat menunjukkan tidak terdapat hubungan dengan kualitas hidup penderita hipertensi, didapatkan p value = 0,297. Sedangkan untuk kualitas layanan POSBINDU PTM melalui wawancara informal, didapatkan hubungan yang signifikan antara kualitas layanan posbindu dengan kualitas hidup penderita hipertensi. Diharapkan warga yang menderita hipertensi dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya dengan rutin mengonsumsi obat dan cek kesehatan ke POSBINDU PTM setiap bulannya.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox