Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, perencanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih. Kedua, pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih. Ketiga, hasil pembelajaran mata pelajaran fiqih. Penelitian ini berlangsung dari bulan Maret 2022 hingga Juni 2022 dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Bidang Kurikulum, Guru fiqih dan siswa kelas VIII di MTs Negeri 36 Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru meliputi kurikulum, bahan ajar serta mendesain RPP sesuai dengan standar proses yang akan digunakan pada saat mengajar agar pembelajaran dapat berjalan efektif. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi dengan menampilkan PowerPoint dan vidio pembelajaran. Terdapat kendala dalam pembelajaran fiqih yaitu tidak adanya replika terkait ibadah haji dan umrah. Hasil penilaian yang diambil pada materi ibadah haji dan umrah berupa preetest dan post-test, diketahui bahwa adanya peningkatan perolehan hasil belajar yang signifikan.