Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Tahfiz Al-Qur‟an Berbasis Metode Talaqqi Di SDIT Al-Barokah Tahfiz School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi merupakan metode yang digunakan guru dengan memperdengarkan bacaan Al-Qur‟an kepada siswa secara langsung, adapun tahapan metode talaqqi yang dilakukan SDIT Al-Barokah ini diantaranya: 1) guru lebih dulu membacakan surah yang ingin dihafal; 2) Siswa menyimak serta mendengarkan; 3) Surah dibacakan bersama-sama oleh siswa dan guru; 4) Kemudian siswa membacakan ayat secara individu ke guru baik dengan ditunjuk ataupun maju satu persatu. Penggunaan metode talaqqi ini sesuai dengan kebutuhan siswa, melihat banyaknya siswa sekolah dasar yang belum lancar membaca Al-Qur‟an maka metode ini sangat membantu siswa dalam pembelajaran tahfiz dan sejauh ini tahfiz menggunaan metode talaqqi berjalan efektif sesuai perencanaan. Kendala utama berada pada murajaah hafalan siswa yang dilakukan dengan mengirim pesan suara melalui whatsapp sesuai halaqohnya masing-masing.