Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui strategi guru tahfidz
dalam menguatkan hafalan santri di pondok pesantren tahfidz Daru Tartila
Bekasi metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi
guru untuk menguatkan hafalan adalah dengan menggunakan 4 strategi
yaitu strategi iqra?, juz 30, juz 1, dan ujian 5 juz. dan metode untuk
menguatkan hafalan adalah dengan metode muroja?ah dengan batas
minimal, dan dengan ujian tahfidz kelipatan 5 juz dengan cara muroja?ah
tersebut secara tidak langsung membantu santri agar tidak lupa dengan
hafalanya. Santri pernah mengikuti perlombaan MHQ tingkat kabupaten
dan memenangi beberapa kategori diantaranya juara 1 dan juara 3 dari
cabang 10 juz, juara 2 dan 3 dari cabang 15 juz, dan juara 1 dan 2 dari
cabang 30 juz.