Abstrak
Di dalam perkembangan zaman saat ini, lembaga pendidikan nonformal
khususnya Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) di Indonesia yang terdapat di
beberapa daerah ditemukan masih banyak nya penggunaan metode-metode yang
sudah banyak digunakan dan hanya menggunakan satu metode saja, sehingga
dapat mengakibatkan kurang berkembang dalam lembaga pendidikan non formal
tersebut. Salah satu pembenahan kualitas lembaga pendidikan nonformal yaitu
dengan penggunaan metode pembelajaran. Karena metode pembelajaran
merupakan sistem cara kerja untuk memudahkan pelaksanaan dalam mengajar
sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Lembaga TPA Al-Waritsu
Pancoran memilih menerapkan metode pembelajaran demonstrasi untuk
diterapkan dilembaganya dengan harapan agar siswa dapat memahami dan
mengimplementasikan gerakan shalat sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Oleh
sebab itu peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode
demonstrasi dalam pembelajaran ibadah shalat fardhu bagi siswa TPA Al-Waritsu
Pancoran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
deskriptif, dan prosedur pengumpulan datanya adalah observasi partisipatif,
wawancara, dan dokumentasi dengan kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua
murid TPA Al-Waritsu. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, data display
dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian.
Dari hasil penelitian yang didapatkan di TPA Al-Waritsu yang melibatkan
Kepala Sekolah, Guru, Murid, dan Orang Tua Murid bahwa penerapan metode
demonstrasi dalam pembelajaran ibadah shalat fardhu di TPA Al-Waritsu sudah
dapat dilakukan secara baik dan terstruktur yang mana sudah sesuai dengan
prosedur pelaksanaan metode dan tujuan pembelajaran yang dikehendaki dapat
tercapai.